Mahasiswa Inbound PMM Unsam Gelar Nusantara Culture Festival 2023

Langsa– Mahasiswa Inbound program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) melaksanakan kegiatan Nusantara Culture Festival 2023 dengan tema Satu Nusa, Ragam Budaya, menyatu dalam Pentas Kebudayaan Nusantara” di Gedung Multi Guna Universitas Samudra (Unsam), Senin, (11/12/2023).

Dalam sambutannya Rektor Universitas Samudra, Dr. Ir. Hamdani, S.T., M.T., IPM. menyampaikan ucapan terima kasih dan sehat selalu kepada mahasiswa Inbound PMM dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia yang sedang belajar di Universitas Samudra.

“Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sangat banyak kegiatan-kegiatan yang telah kita lakukan mulai tahun 2020 sampai saat ini. Diantara kegiatan-kegiatan itu terus dilakukan juga evaluasi terhadap hasil dari kegiatan yang kita lakukan, dan hasil evaluasi itu juga tercermin dari banyaknya peningkatan jumlah mahasiswa yang mengikuti setiap program yang dibuka”, Ucap Rektor

“Dan terlihat program magang bersertifikat juga meningkat jumlah mahasiswa yang mengikuti dan juga pertukaran mahasiswa Merdeka program PMM ini juga terus meningkat dari tahun ke tahun”, Lanjutnya.

Tentu ada yang unggul dalam kegiatan-kegiatan ini, salah satunya adalah adanya satu nusa kemudian juga adanya kegiatan ragam budaya, dan itu dikemas dalam modul Nusantara. Secara langsung kita bisa melihat manfaat dari kegiatan ini, seperti tampilan adik-adik mahasiswa dari berbagai daerah bisa menyatakan satu nusa lewat tampilan tarian aceh yang baru saja ditampilkan mungkin baru saat ini mereka belajar tapi sudah bisa mempelajarinya dengan cepat dengan waktu yang singkat dalam proses belajaranya tapi sudah bisa menguasainya, itulah rasa satu nusa yang dimiliki adik-adik mahasiswa kita untuk terus menyiapkan diri menyongsong masa depan meraka  nantinya, itulah keuntungan dari program PMM ini.

Kedepannya tentu mereka tidak ada rasa canggung untuk kembali lagi ke kota Langsa, mungkin untuk bekerja atau sebagainya karena telah mengenal bagaimana kota Langsa, telah berhubungan dengan orang orang di sekitar Langsa, juga nanti kedepan akan melakukan kegiatan sosial yang tentu lebih mengenal lagi daerah-daerah yang  memiliki potensi untuk pengembangan ke depan dan mungkin disitu lapangan kerja yang menjanjikan kedepannya.

Dan  ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada adik-adik mahasiswa PMM di Universitas Samudra yang telah menjaga nama baik universitasnya dan juga nama baik Unsam juga telah bekerja bersama-sama dengan dosen-dosen Modul Nusantara dan seluruh kegiatannya sampai saat ini telah berjalan secara lancar.

“Kita harapkan nantinya setelah program ini berjalan atau berakhir di Januari 2024 ikatan kerjasama yang adik-adik bangun akan terjalin dengan baik dan tidak hanya akan menyatu dalam pentas ini tapi akan terus menyatu sampai kapanpun nantinya”, Harap Rektor.